Monday, January 27, 2020

Krita. Aplikasi alternatif photoshop

Pengertian

Krita adalah perangkat lunak bebas dan sumber terbuka untuk editor grafis raster, yang dirancang terutama untuk menggambar, melukis, dan animasi. Krita memiliki antar muka yang sederhana, akselarsai kanvas OpenGL tingkat tinggi, manajemen warna, kuas tingkat lanjut, layer non-destruktif dan masker, manajemen layer grup, dukungan vektor dan switchable kustomisasi profil. Krita dapat berjalan pada Linux, Microsoft Windows, dan macOS.

 Nama

 

Nama "Krita" memiliki multi-referensi budaya. Di swedia, krita berarti "Krayon" dan rita berarti "menggambar". Di India kuno epik Mahabharata, nama "Krita" digunakan dalam konteks di mana hal ini dapat diterjemahkan menjadi "sempurna".

Sejarah


Pengembangan awal dari proyek Krita dapat ditelusuri kembali pada tahun 1998 ketika Matthias Ettrich, pendiri KDE memamerkan Qt GUI hack untuk GIMP pada Kongress Linux. Gagasan untuk membangun sebuah image editor berbasis Qt kemudian berlanjut ke KImage, yang dikelola oleh Michael Koch, sebagai bagian dari KOffice suite. Pada tahun 1999, Matthias Elter mengusulkan ide membangun perangkat lunak dengan menggunakan Corba beserta ImageMagick. Untuk menghindari merek dagang yang sudah ada di pasar, proyek ini mengalami banyak perubahan nama: KImageShop, Krayon, sampai akhirnya menetap dengan nama "Krita" pada tahun 2002. Versi publik pertama dari Krita dirilis bersama KOffice 1.4 pada tahun 2004. Dalam tahun-tahun antara tahun 2004 dan 2009, Krita telah dikembangkan sebagai perangkat lunak umum untuk manipulasi gambar seperti Photoshop dan GIMP.
Perubahan arah mulai terjadi pada proyek ini. Pada tahun 2009 proyek ini memiliki tujuan baru, yakni menjadi sebuah perangkat lunak untuk menggambar seperti Corel Painter dan SAI. Sejak saat itu juga, proyek ini mulai melakukan berbagai macam upaya untuk mendapatkan pendanaan, termasuk dengan mengikuti Google Summer of Code. Hasilnya, pengembangan dapat berjalan lebih cepat dan menghasilkan kinerja dan stabilistas yang lebih baik
Krita Foundation dibangun pada tahun 2013 untuk memberikan dukungan untuk pengembangan Krita. Kemudian berkolaborasi dengan Intel untuk membuat Krita Sketch sebagai sebuah kampanye pemasaran dan Krita Studio dengan KO GmbH sebagai versi komersial yang mendukung untuk film dan studio VFX. Kampanye Kickstarter telah digunakan untuk menggalang dana pengembangan Krita sejak tahun 2014.


LINK DOWNLOAD 


0 comments:

Post a Comment